Cara Menghilangkan Bekas Luka

Cara Menghilangkan Bekas Luka

Moneypanel –¬†Mempunyai bekas luka pada bagian tubuh sering membuat tidak nyaman. Selain mengganggu penampilan, banyak orang kerap tidak percaya diri karena bekas luka. Untuk itu, perlu solusi dari cara menghilangkan bekas luka.

Ingin tahu apa saja cara menghilangkan bekas luka? Simak informasi dibawah ini untuk mendapatkan jawabannya!

Jenis-jenis bekas luka

Sebelum mengetahui cara menghilangkan bekas luka, perlu Anda ketahui jenis-jenis bekas luka. Sehingga, Anda dapat mengetahui cara mana yang lebih efektif untuk menghilangkan bekas luka tersebut.

Ada empat jenis-jenis bekas luka, diantaranya:

1. Keloid

Bekas luka keloid umumnya memiliki ukuran lebih besar dibandingkan luka itu sendiri. Bekas luka ini biasanya menonjol, berwarna gelap dan terus tumbuh meskipun luka sudah sembuh.

2. Hipertrofik

Sama seperti keloid, hipertrofik adalah jenis bekas luka yang menonjol dan berwarna merah. Tetapi, bekas luka ini hanya muncul di bagian terjadinya luka.

3. Atrofi

Atrofi umumnya berbentuk seperti lubang atau penyok pada kulit. Hal ini terjadi akibat kerusakan pada kolagen kulit.

4. Kontraktur

Bekas luka ini mengakibatkan kulit menjadi kencang atau tertarik. Biasanya kontraktur ini disebabkan oleh luka bakar.

Cara menghilangkan bekas luka

Ada beberapa cara menghilangkan bekas luka secara alami yang bisa Anda praktekkan di rumah, yakni:

1. Oleskan madu

Madu adalah bahan alami yang terkenal untuk menyembuhkan berbagai macam masalah kesehatan. Mengoleskan madu pada bekas luka dapat membantu menghilangkan bekas luka secara efektif.

Madu mengandung zat antibiotik yang bisa membantu penyembuhan luka secara alami. Selain itu, pada madu terdapat bahan-bahan yang dapat membantu kulit mempercepat proses regenerasi sel-sel di dalamnya.

Untuk cara penggunaannya cukup mudah, tinggal oleskan madu pada bekas luka sebelum tidur secara rutin. Lalu tutup dengan perban dan diamkan sampai keesokan pagi, dan bilas hingga bersih.

2. Pakai lidah buaya

Selain madu, ada cara alami untuk menghilangkan bekas luka yakni dengan menggunakan lidah buaya. Lidah buaya mengandung senyawa aloin dan asam salisilat yang dapat membantu bekas luka yang menghitam sekaligus.

Selain itu, lidah buaya mempunyai sifat anti inflamasi yang dapat menghilangkan iritasi dan sel-sel kulit pada bekas luka.

Untuk cara penggunaannya tinggal oleskan lidah buaya pada bekas luka dan tinggalkan selama setengah jam. Lalu, bilas dengan air bersih dan lakukan rutin pada pagi hari dan malam hari.

3. Gunakan exfoliator

Selain menggunakan bahan alami, Agenbola588 bisa menggunakan obat penghilang bekas luka. Obat tersebut adalah eksfoliator yang mengandung bahan aktif seperti AHA, BHA atau PHA.

Zat-zat pada eksfoliator dapat mengangkat sel kulit mati yang menyebabkan bekas luka. Selain itu, exfoliant juga berfungsi untuk memudarkan garis-garis halus dan menghilangkan bekas luka serta bagian yang gelap pada kulit.

Banyak eksfoliator yang dijual dipasaran. Anda dapat menggunakan bentuk cream atau serum yang mengandung eksfoliant untuk menghilangkan bekas luka Anda.

4. Menggunakan minyak zaitun

Untuk cara selanjutnya, Anda dapat menggunakan minyak zaitun agar bekas luka pada tubuh Anda mudah hilang. Minyak zaitun mengandung vitamin K dan vitamin E yang sangat bagus untuk kulit.

Selain kedua vitamin tersebut, minyak zaitun juga kaya akan antioksidan dan asam yang tinggi sehingga efektif dalam menghilangkan bekas luka.

Cara penggunaannya tinggal oles minyak zaitun pada bekas luka, pijit secara perlahan lalu diamkan selama beberapa menit. Setelah itu, bilas dengan air hangat hingga bersih.

Nah, itu tadi beberapa cara menghilangkan bekas luka. Anda dapat mencoba cara di atas dengan mudah. Selamat mencoba!

Anda mungkin juga suka...