Cara Mengatasi Mimisan

Cara Mengatasi Mimisan

Moneypanel –┬áMimisan dapat terjadi pada lansia, orang dewasa, wanita hamil bahkan anak-anak yang berumur 3-10 tahun. Namun jangan panik, ada banyak cara mengatasi mimisan yang bisa dilakukan dengan mudah.

Mimisan sering kali terjadi secara tiba-tiba, akan tetapi usahakan untuk tetap tenang dan lakukan penanganan awal.

Langkah Penanganan Awal Saat Mimisan

Lakukan cara berikut ini sebagai langkah awal menangani mimisan:

1. Condongkan Tubuh Ke Depan

Sebagai langkah awal, segera condongkan tubuh ke depan ketika terjadi mimisan supaya darah tidak masuk ke mulut. Jika terlanjur masuk, cepat keluarkan sebelum masuk ke kerongkongan maka hindari duduk bersandar saat mimisan.

2. Duduk Tegak

Usahakan untuk duduk tegak supaya penekanan pada pembuluh darah hidung dapat berkurang. Bernapas secara perlahan melalui mulut sambil tetap duduk tegak juga dapat mengurangi mimisan.

3. Kompres Dingin

Tempelkan kompres dingin pada pangkal hidung untuk memperlambat pendarahan dan memperkecil pembuluh darah. Mengecilnya pembuluh darah ini merupakan cara mengatasi mimisan pada hidung dengan lebih cepat.

4. Jepit Hidung Perlahan

Untuk cara ini, jepit dengan lembut di bagian bawah tulang hidung menggunakan ibu jari dan telunjuk selama 10 menit. Tekan pelan pembuluh darah supaya mimisan cepat berhenti dan bernafaslah melalui mulut.

5. Hindari Bersin

Sebaiknya jangan bersin selama darah masih mengalir dari hidung. Jika darah keluar dari hidung dengan sengaja, darah akan terus mengalir dan mimisan sulit untuk berhenti.

Selanjutnya atasi mimisan dengan bahan alami supaya lebih cepat berhenti dan tidak terjadi iritasi.

Cek juga: Cara Mengobati Amandel

5 Cara Mengatasi Mimisan dengan Bahan Alami

Berikut cara mengatasi mimisan dengan bahan-bahan alami:

1. Daun Sirih

Untuk cara mengobati mimisan dengan daun sirih, gunakan 1-2 helai kemudian gulung dan masukkan dalam hidung. Berikan sedikit penekanan dan biarkan selama 2-5 menit sampai mimisan berhenti.

2. Bawang Merah

Aroma pedas dari bawang merah juga berfungsi untuk menghentikan pendarahan pada hidung. Gunakan air dari irisan bawang merah dengan cara diteteskan ke dalam lubang hidung.

3. Es Batu

Cara mengatasi mimisan pada orang tua bisa dengan menempelkan es batu pada hidung sambil sedikit ditekan. Suhu dingin es akan membekukan pembuluh darah dan meredakan peradangan.

4. Daun Ketumbar

Memanfaatkan daun ketumbar saat mimisan akan menenangkan dan mendinginkan peradangan. Haluskan daun ketumbar dengan sedikit air kemudian saring dan ambil airnya untuk diteteskan ke dalam hidung.

5. Cuka Sari Apel

Bahan alami ini bisa digunakan untuk cara mengatasi mimisan karena kecapean dengan menyempitkan pembuluh darah. Gunakan bola kapas untuk dicelupkan dalam cuka sari apel lalu masukkan ke lubang hidung dan diamkan 5-10 menit.

6. Air Garam

Mimisan sering kali disebabkan oleh selaput hidung yang mengering. Maka garam akan menenangkan sekaligus melembabkannya. Campur air dan garam secara merata dan masukkan beberapa tetes ke dalam hidung.

7. Daun Nettle

Inilah cara mengatasi mimisan pada anak menggunakan daun nettle segar yang diseduh dengan air panas. Diamkan sampai dingin kemudian celupkan kapas dan letakkan dalam hidung sampai mimisan berhenti atau selama 5-10 menit.

8. Daun Jelatang

Obat mimisan herbal ini mengandung zat hemostatik yang mampu menghentikan pendarahan pada hidung. Seduh satu sendok teh daun jelatang lalu celupkan kapas dan masukkan ke dalam hidung selama 10 menit.

Untuk solusi jangka panjang, kamu bisa mengkonsumsi makanan yang dapat mencegah terjadinya mimisan. Contohnya seperti makanan yang mengandung vitamin K dan vitamin C supaya pembuluh darah tidak mudah pecah.

Apabila mimisan terus terjadi walaupun sudah dilakukan cara mengatasi mimisan, segeralah ke dokter. Kemudian dapatkan penanganan lebih lanjut dengan cara yang tepat.

Anda mungkin juga suka...